Wednesday, November 6, 2019

KRITERIA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (kb 2 modul 6)


TUGAS MANDIRI
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK ( MKDK 4002 )
KRITERIA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (kb 2 modul 6)


DISUSUN OLEH :

Nama :  NURUL FADHILLAH (856690816)
                                       Kelas : 2A PGSD BI

DOSEN PEMBIMBING :
ZAIDAN JAUHARI, S.Pd, M.T


S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
2019.2





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga berhasil menyelesaikan makalah “Perkembangan Peserta Didik” ini tepat pada waktunya.
Makalah Perkembangan Peserta Didik ini telah saya susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaiki makalah Perkembangan Peserta Didik ini.
Akhir kata saya berharap semoga makalah Perkembangan Peserta Didik ini dengan judul “Kriteria Perencanaan Pembelajaran yang Sesuai dengan Karakteristik Peserta Didik” dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
  
                                                                                               Sekayu,       Oktober 2019
                                                                                                  

                                                                                  
                                                                                             






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................................... 1
KATA PENGANTAR...................................................................................................... 2
DAFTAR ISI................................................................................................................... .3
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 4
A. Latar Belakang...................................................................................................... 4
B. Rumusan Masalah..................................................................................................4
C. Tujuan.................................................................................................................... 4
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................ .5
A.    Kriteria Pelaksanaa Pembelajaran yang Sesuai dengan Karakteristik
Peserta Didik......................................................................................................... ............4
BAB III PENUTUP......................................................................................................... 6
Kesimpulan........................................................................................................................ 6
Saran ................................................................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... ..7












BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
       Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang pahamnya pendidik dengan kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang dipahaminya materi yang disampaikan pendidik.
       Disamping itu, saya membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak.
B.     Rumusan Masalah
       Rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.      Apa kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik ?
2.      Bagaimana perencanaan pembelajaran bagi usia dewasa ?
3.      Bagaimana perencanaan pembelajaran bagi anak berkelainan fisik dan psikis ?

C.    Tujuan
       Tujuan dari makalah ini adalah :
1.      Mengetahui kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
2.      Mengetahui tugas-tugas perkembangan anak usia SD, implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan.
3.      Mengetahui implikasi karakteristik anak usia sekolah menengah terhadap penyelenggaraan pendidikan.
4.      Mengetahui perencanaan pembelajaran bagi usia dewasa.
5.      Mengetahui perencanaan pembelajaran bagi anak berkelainan fisik dan psikis.
6.      Mengetahui modifikasi tugas-tugas disesuaikan dengan kemampuan dan gaya belajar siswa.

BAB II
PEMBAHASAN
IMPLIKASI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ( MODUL 6 )
KRITERIA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (kb 2)

A.      Penyelenggaraan  Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar
     Di antara jenjang pendidikan, pendidikan di sekolah dasar merupakan jenjang yang mempunyai peranan sangat penting dalam upaya eningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)
     Jenis penyelenggaraan pendidikan pada jenjang sekolah dasar meliputi Sekolah Dasar (SD). Penyelengaraan pendidikan anak usia sekolah dasar dapat pula dilakukan melalui jalur pendidikan luar sekolah. Jenis pendidikan luar sekolah meliputi paket A.

B.       Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah Menengah
Satuan Pendidikan pada tingkat SLTP meliputi:
1.      Rumpun SLTP yang terdiri atas
a.       SLTP
b.      Madrasah Tsanawiyah
c.       SMP kecil
d.      SMP Terbuka
2.      Rumpun SLTP Luar Biasa yang terdiri atas:
a.       Sekolah Luar Biasa
b.      SLTP Terpadu
3.      Rumpun Pendidikan Luar Sekolah yang terdiri atas:
a.       Paket B
b.      Ujian Persamaan SLTP
c.       Diniyah Wustho
d.      Pondok Pesantren


C.      Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Orang Dewasa
            Pendidikan bagi orang dewasa sering diabaikan, mengingat bahwa mereka sudah dewasa. Ciri khas pendidikan orang dewasa dalah fleksibel dalam pelaksanaannya, dapat bersamaan dengan pengembangan pekerjaan dan karier.

D.     Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Berkelaninan Fisik dan Psikis
     Pada bagian ini akan dibicarakan tentang anak dengan kemampuan visual yang terbatas. Mereka tidak dilahirkan dengan bakat musik yang hebat atau kemampuan mendengarkan yang melebihi orang lain atau kemampuan mengingat yang super, dan tidak memiliki indra keenam. Hal itu akan memungkinkannya enambah kemampuan memperhatikan, mendengarkan, dan kreativitas.
1.      Konsep diri
2.      Strtegi pendidikan
Strategi pembelejaran untuk anak yang terbatas kemampuan visualnya mencakup:
a.       Brattle
b.      Pemanfaatan kemampuan visual yang terbatas
c.       Keterampilan mendengarkan
d.      Orientasi dan latihan mobilitas.

e.    Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar
Dengan kesulitan belajar yang dimaksud adanya kesulitan dalam menerima dan menggunakan kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, menulis ataupun matematika.












BAB III
PENUTUP
Kesimpulan :
       Kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik antara lain yaitu :
1.      Perencanaan pembelajaran bagi anak usia SD
2.      Perencanaan pembelajaran bagi anak usia sekolah menengah
3.      Perencanaan pembelajaran bagi anak usia dewasa
4.      Perencanaan pembelajaran bagi anak berkelainan fisik dan psikis
5.      Modifikasi tugas-tugas disesuaikan dengan kemampuan gaya belajar siswa.

Saran :
1.      Diharapkan kepada peserta didik dan pengajar maupun orang tua agar dapat ikut berpartisifasi dalam memahami tentang perkembangan kognitif.
2.      Peran serta pemerintah, masyarakat, pengajar, orang tua juga perlu untuk mengawasi perkembangan kognitif setiap anak dan peserta didik sesuai karakteristik perkembangan kognitif anak.









DAFTAR PUSTAKA

Yudrik Jahja, Psikologi Perkembangan. Jakarta : Prenada Media Group.
Teori Belajar Dan Pembelajaran, Dra. Eveline Siregar, M.Pd, Hartini Nara, M.Si.
Desmita ( 2009 ), Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Batusangkar : Rosda.
Sobur, Alexs, Drs, M.Si. 2003. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.
Elide Prayitno, 2006. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang : Angkasa Raya.










No comments:

Post a Comment

KRITERIA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (kb 2 modul 6)

TUGAS MANDIRI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK ( MKDK 4002 ) KRITERIA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDI...