PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK ( MKDK 4002 )
KRITERIA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG SESUAI
DENGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (kb 2 modul 6)
DISUSUN OLEH :
Nama : NURUL FADHILLAH (856690816)
Kelas : 2A PGSD BI
DOSEN PEMBIMBING :
ZAIDAN JAUHARI, S.Pd, M.T
S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
2019.2
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang
telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga berhasil
menyelesaikan makalah “Perkembangan Peserta Didik” ini tepat pada waktunya.
Makalah Perkembangan Peserta Didik ini telah saya
susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga
dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya menyampaikan banyak
terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan
makalah ini.
Terlepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya
bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata
bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima segala saran dan
kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaiki makalah Perkembangan Peserta
Didik ini.
Akhir kata saya berharap semoga
makalah Perkembangan Peserta Didik ini dengan judul “Kriteria Perencanaan
Pembelajaran yang Sesuai dengan Karakteristik Peserta Didik”
dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Sekayu, Oktober 2019
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................................... 1
KATA PENGANTAR...................................................................................................... 2
DAFTAR ISI................................................................................................................... .3
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 4
A.
Latar Belakang...................................................................................................... 4
B.
Rumusan Masalah..................................................................................................4
C.
Tujuan.................................................................................................................... 4
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................ .5
A. Kriteria Pelaksanaa Pembelajaran yang Sesuai dengan
Karakteristik
Peserta Didik......................................................................................................... ............4
BAB III PENUTUP......................................................................................................... 6
Kesimpulan........................................................................................................................ 6
Saran
................................................................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... ..7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dewasa ini banyak para pendidik yang
kurang perhatian dalam mempelajari kriteria perencanaan pembelajaran yang
sesuai dengan karakteristik peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi
kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang pahamnya pendidik dengan kriteria
perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya maka
akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang dipahaminya
materi yang disampaikan pendidik.
Disamping itu, saya membuat makalah ini
dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari
perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak.
B.
Rumusan
Masalah
Rumusan
masalah dalam makalah ini adalah :
1. Apa
kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta
didik ?
2. Bagaimana
perencanaan pembelajaran bagi usia dewasa ?
3. Bagaimana
perencanaan pembelajaran bagi anak berkelainan fisik dan psikis ?
C.
Tujuan
Tujuan
dari makalah ini adalah :
1. Mengetahui
kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta
didik.
2. Mengetahui
tugas-tugas perkembangan anak usia SD, implikasinya terhadap penyelenggaraan
pendidikan.
3. Mengetahui
implikasi karakteristik anak usia sekolah menengah terhadap penyelenggaraan
pendidikan.
4. Mengetahui
perencanaan pembelajaran bagi usia dewasa.
5. Mengetahui
perencanaan pembelajaran bagi anak berkelainan fisik dan psikis.
6. Mengetahui
modifikasi tugas-tugas disesuaikan dengan kemampuan dan gaya belajar siswa.
BAB II
PEMBAHASAN
IMPLIKASI KARAKTERISTIK
PESERTA DIDIK TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ( MODUL 6 )
KRITERIA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG SESUAI
DENGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (kb 2)
A.
Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar
Di antara jenjang pendidikan, pendidikan di sekolah dasar merupakan
jenjang yang mempunyai peranan sangat penting dalam upaya eningkatkan kualitas
sumber daya manusia (SDM)
Jenis penyelenggaraan pendidikan pada
jenjang sekolah dasar meliputi Sekolah Dasar (SD). Penyelengaraan pendidikan
anak usia sekolah dasar dapat pula dilakukan melalui jalur pendidikan luar
sekolah. Jenis pendidikan luar sekolah meliputi paket A.
B.
Penyelenggaraan Pendidikan Bagi
Anak Usia Sekolah Menengah
Satuan
Pendidikan pada tingkat SLTP meliputi:
1. Rumpun SLTP yang terdiri atas
a. SLTP
b. Madrasah Tsanawiyah
c. SMP kecil
d. SMP Terbuka
2. Rumpun SLTP Luar Biasa yang terdiri atas:
a. Sekolah Luar Biasa
b. SLTP Terpadu
3. Rumpun Pendidikan Luar Sekolah yang terdiri atas:
a. Paket B
b. Ujian Persamaan SLTP
c. Diniyah Wustho
d. Pondok Pesantren
C.
Penyelenggaraan Pendidikan Bagi
Orang Dewasa
Pendidikan bagi orang dewasa sering
diabaikan, mengingat bahwa mereka sudah dewasa. Ciri khas pendidikan orang
dewasa dalah fleksibel dalam pelaksanaannya, dapat bersamaan dengan pengembangan
pekerjaan dan karier.
D. Penyelenggaraan
Pendidikan Bagi Anak Berkelaninan Fisik dan Psikis
Pada
bagian ini akan dibicarakan tentang anak dengan kemampuan visual yang terbatas.
Mereka tidak dilahirkan dengan bakat musik yang hebat atau kemampuan
mendengarkan yang melebihi orang lain atau kemampuan mengingat yang super, dan
tidak memiliki indra keenam. Hal itu akan memungkinkannya enambah kemampuan
memperhatikan, mendengarkan, dan kreativitas.
1. Konsep diri
2. Strtegi pendidikan
Strategi pembelejaran untuk anak yang terbatas
kemampuan visualnya mencakup:
a.
Brattle
b.
Pemanfaatan
kemampuan visual yang terbatas
c.
Keterampilan
mendengarkan
d.
Orientasi
dan latihan mobilitas.
e.
Penyelenggaraan Pendidikan Bagi
Anak Berkesulitan Belajar
Dengan kesulitan belajar yang dimaksud adanya kesulitan dalam menerima
dan menggunakan kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, menulis ataupun
matematika.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan :
Kriteria perencanaan pembelajaran yang
sesuai dengan karakteristik peserta didik antara lain yaitu :
1. Perencanaan
pembelajaran bagi anak usia SD
2. Perencanaan
pembelajaran bagi anak usia sekolah menengah
3. Perencanaan
pembelajaran bagi anak usia dewasa
4. Perencanaan
pembelajaran bagi anak berkelainan fisik dan psikis
5. Modifikasi
tugas-tugas disesuaikan dengan kemampuan gaya belajar siswa.
Saran :
1.
Diharapkan kepada
peserta didik dan pengajar maupun orang tua agar dapat ikut berpartisifasi
dalam memahami tentang perkembangan kognitif.
2.
Peran serta pemerintah,
masyarakat, pengajar, orang tua juga perlu untuk mengawasi perkembangan
kognitif setiap anak dan peserta didik sesuai karakteristik perkembangan
kognitif anak.
DAFTAR
PUSTAKA
Yudrik
Jahja, Psikologi Perkembangan.
Jakarta : Prenada Media Group.
Teori Belajar Dan Pembelajaran,
Dra. Eveline Siregar, M.Pd, Hartini Nara, M.Si.
Desmita
( 2009 ), Psikologi Perkembangan Peserta
Didik. Batusangkar : Rosda.
Sobur,
Alexs, Drs, M.Si. 2003. Psikologi Umum.
Bandung : Pustaka Setia.
Elide
Prayitno, 2006. Psikologi Perkembangan Remaja.
Padang : Angkasa Raya.

No comments:
Post a Comment